Tentang, Tips, dan Cara Menulis Komedi





Yuuhhuu! kali ini, di post ini, gue akan sedikit serius. Yep, di post ini gue akan membahas tentang menulis komedi, tips, dan caranya menulis komedi tentunya ini versi gue.

Mungkin, ada yang bertanya “kenapa orang bisa ketawa ketika membaca buku komedi? Caranya gimana sih?” Di post ini, akan gue jawab sesingkat mungkin.

Bagi orang yang menulis komedi, pasti niatnya pengen ngebikin orang ketawa, tetapi hasilnya tidak memuaskan sama sekali a.k.a garing. Tenang, jangan nyerah. Menulis komedi itu tergantung para pembacanya. Walaupun tulisan itu menurut kamu bagus, tapi kan itu cuma menurut kamu, bukan menurut orang lain. Berarti, lucunya sebuah tulisan komedi tergantung presepsi pembacanya. Kan banyak tuh yang selera komedinya berbeda, ada yang suka komedi berbau porno, yang jorok-jorok. ledek-ledekan, atau komedi yang berkelas. Pokoknya “Presepsi”.

Itu doang sih.

Cara menulis komedi sama aja kayak nulis biasa. Kita harus selancar mungkin menulisnya, jangan sampe kepikiran “nanti tulisan gue harus lucu”, malah jadi beban kan?

Ada pertanyaan lagi: “nanti kalo gak ada atau gak dimasukin komedinya, lucunya dimana?” Come on, biasanya orang yang kepengen nulis komedi itu suka baca buku komedi/tulisan komedi, berarti secara tidak langsung dalam pikiran mereka udah ada unsur komedi, dengan begitu kalo kita lancar nulisnya, secara tidak langsung unsur komedinya akan keluar dari kepala kita tanpa harus memikirkannya. Betul tidak?

Kalo gue boleh menyarankan, jika kita ingin memasukan unsur komedinya (dalam cerita komedi), lebih baik ketika dalam sebuah percakapan, soalnya kemungkinan besar para pembaca akan berfantasi dan masuk ke dalam percakapan tersebut, dengan begitu respon dari pembaca akan sesuai dengan harapan si penulis karena mereka sudah masuk ke dalam cerita/percakapan tersebut.

Inti dari post ini adalah:
·         suksesnya tulisan komedi tergantung presepsi pembaca
·         ketika menulis komedi jangan ada beban “gue harus lucu”.
·         Rajin-rajin membaca buku komedi

Happy Writing!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.