#DapengGapeng - Edisi Tugas Sekolah

Kembali lagi bersama gue. Udah lama gue gak ngeblog.

Di post ini gue mau memberitahukan bahwa di blog ini, gue akan bikin serial post yang berjudul: #DapengGapeng. 

Q: Apa itu #DapengGapeng?
A: #DapengGapeng itu kependekan dari Dari Pengen jadi Gak Pengen. Isi post-postnya gak beda dari yang sebelum-sebelumnya alias masih dari pengalaman gue.

Q: Maksudnya gimana? Gue gak nangkep nih.
A: Biar lebih cepet pahamnya, gue akan kasih contoh, misalnya kalo dulu gue pengen dikasih tugas, tapi sekarang gue ogah banget dikasih tugas. Untuk lebih lengkapnya bisa baca di serial #DapengGapeng Edisi pertama di post ini. Ntar juga ngerti sendiri.

Q: Masih belum nangkep, gimana nih
A: Kalo belum nangkep bisa tanyain ke gue lewat email, twitter, dsb.


OK, kita masuk ke #DapengGapeng edisi pertama.

Selamat Membaca.


#DapengGapeng - Edisi Tugas Sekolah
 
Apakah Anda pernah mendengar kalimat bisa karena biasa? Gue yakin, pasti pernah. Kalo gak pernah berarti hidup lo kudet abis. FYI, kalimat itu mungkin bermakna bahwa jika kita dihadapkan dengan hal yang baru, pasti akan sulit untuk menghadapi, tapi, percaya jika kita telah terbiasa, pasti akan bisa.

Itu menurut gue. Kalo menurut lo?

Pengalaman gue, pernah suatu saat gue dikasih tugas sama guru sewaktu TKA. Matematika tugasnya. Dan TKA itu adalah sekolah pertama gue, jadi otomatis gue belum pernah merasakan bagaimana rasanya dikasih tugas sekolah. Dengan riang gembira gue mengerjakan tugas sekolah itu.

Selama di TKA, tugasnya gak begitu numpuk. Biasa aja. Malah suatu hari gue gak dikasih tugas sama guru, gue ngotot pengen dikasih tugas. Rajin abis ya gue ini. Pada saat itu gue berpikir kenapa orang-orang yang udah sekolah suka dibikin pusing tugas, kan tugas itu bikin seru.

Suatu saat ketika gak dikasih tugas, gue minta ke Bu Rita (ini nama salah satu guru pas gue TKA yang gak resein).
Gue: bu, gak dikasih PR?
Bu Rita: enggak, emangnya kenapa to?
Gue: minta tugas dong bu. *Kata gue sambil ngerengek.
Bu Rita: Ya udah, kamu kerjain semua soal di buku yang kemaren baru dibeli.
Gue: iya, bu.  *jawab gue kegirangan.

Kalo dipikir-pikir, aneh juga, biasanya anak TKA mintanya duit buat jajan, eh gue malah minta tugas.

Masuk SD, tugasnya enteng-enteng juga.

Ketika gue naik ke kelas 5 SD, tugas-tugas mulai bikin gue 'panas'. Berbeda dengan sewaktu di TKA, jika gak dikasih tugas gue ngotot pengen dikasih tugas, kalo di kelas 5 SD, dikasih juga gak mau gue mah. Pokoknya di kelas 5 SD sampe kelas 6 SD, dikasih tugas sukur, gak dikasih seneng.

Masuk SMP sampai sekarang, gue paling ogah kalo dikasih tugas. Saking ogahnya, kalo pun ada tugas, gu rutin mengerjakannya di sekolah walaupun itu tugas rumah. Kalo ditanya sama guru, "Kenapa ngerjain tugas di sekolah? Bukannya itu tugas buat di rumah?" maka gue akan jawab, "Bu, sekolah telah saya anggap sebagai rumah sendiri. Tempat saya berlindung, tempat saya blablablabla". Ya enggak semuanya tugas rumah gue kerjakan di sekolah, tapi kebanyakan tugas yang ditulis tangan sudah bisa dipastikan gue kerjakan di sekolah.
Bener atau enggaknya, gimana nanti aja.

Saking ogahnya dikasih tugas, gue pernah ngomong asal jeplak pas guru ngasih tugas.

Guru: OK, Ibu sudah jelaskan, silahkan kerjakan latihan soal di paket bab 8. Ibu tinggal dulu ke ruang guru ada sedikit urusan.
Gue: semuanya, Bu?
Guru: Iya, mau ditambahin?
*gue cuma diem*
Pas guru mau keluar,  gue bilang: tugas terus sampe mampussss. *kata gue, rada kenceng ngomongnya*
Terus si guru balik badan dan bilang: siapa yang bilang itu?
Semua orang yang ada di kelas nunjuk ke gue.
Gue: *menunjukan ekspresi "ampun bu".
Guru: kamu beraninya ngomong gitu.
Gue: .....
terlalu sadis untuk diteruskan.

Taaapi, seogah-ogahnya gue dikasih tugas sekolah, gue masih akan terus mengerjakan tugas demi tugas sekolah untuk kebaikan masa depan gue karena gue percaya, guru ngasih tugas karena ingin muridnya menjadi orang yang lebih baik.

Untuk Para Guru:
Pak, Bu, kami mohon, kalo ngasih tugas jangan seenaknya udel. Kami tahu tujuan Ibu Bapak Guru memberi kami tugas, tapi jangan sampai membunuh kami dengan tugas-tugas itu. Please.

Jangan terlalu serius bacanya,  just for fun.

 
Sekian untuk edisi pertama dari serial post #DapengGapeng, ditunggu edisi selanjutnya dari serial post #DapengGapeng
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bagi pembaca yang punya pengalaman #DapengGapeng bisa komen di bawah ya.

4 komentar:

  1. Oh gitu ya bro, ditunggu edisi selanjutnya :)

    BalasHapus
  2. Pas sekali nih. $ hari yang lalu gue juga dapet tugas banyak, dan deadline nya bareng semua, alhasil semaleman ngebut ngerjain 6 tugas yang di kasih guru -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhuset, banyak amat, Gak kira-kira ya gurunya.
      Terima kasih atas kunjugannya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.