Tips Menulis Novel Komedi dan Cara Menerbitkannya


Tips Menulis Novel Komedi dan Cara Menerbitkannya

Halo!
Langsung aja kali ya.

Komedi, salah satu genre tulisan yang gue sukai. Komedi dapat mempengaruhi gue untuk melupakan sejenak beban hidup, seperti ketika nilai UTS kursi semua: 4.
Komedi pada saat ini merupakan genre yang paling diminati. Mungkin salah satu penyebabnya adalah naik daunnya penulis muda Raditya Dika. Kemudian orang-orang ingin mengikuti jejaknya dengan cara menjadi penulis. Dampaknya, sekarang banyak blog-blog komedi, karena Raditya Dika mengawali karirnya sebagai penulis melalui blog, fan page yang sudah di-set untuk bergenre komedi, seperti Meme Comic Indonesia.
Langsung saja ya.

Masalah dalam menulis komedi:
1. kamu bukan orang yang suka melucu tapi ingin menulis komedi.
2. Ingin melucu tapi terkesan garing.
3. Membuat lelucon.

Penyelesaian Masalah:
1. Coba bayangkan hal yang bisa membuat kamu tertawa. Jika kamu tertawa, maka orang lain pun (mungkin) akan ikut tertawa.
2. Nah, berarti usaha kamu terlalu keras dalam melucu, santailah sedikit dan karena komedi bukan merupakan genre yang serius.
3. Salah satu cara membuat lelucon tanpa menyindir orang lain adalah dengan mengolok-olok diri.

Secara tidak langsung, ketiga masalah di atas merupakan tips-tips menulis komedi. Dengan begitu, saya akan menambah 2 tips lagi.
1. Spesifikasi.
Nah, untuk yang satu ini, penting tidak penting sih. Memberi lelucon secara umum tidak salah kok, tapi kalau bisa lebih spesifik tentunya akan lebih baik, kan? Contohnya, ada 2 buat judul, pertama: Gajah yang Bodoh. Kedua: Bona, si Gajah Bodoh Berhidung Pesek. Manakah yang lebih menarik menurutmu? Tentu saja yang kedua akan lebih menarik karena menceritakan Gajah yang bernama si Bona saja (lebih spesifik).
2. Gunakan lelucon pada saat yang tepat.
Meskipun  genre novelmu adalah komedi, bukan berarti setiap kalimatnya mengandung unsur komedi, kan? Lelucon yang berlebihan justru akan membuat ceritamu menjadi membosankan dan mungkin saja “garing”.

Nah, buat para pembaca yang sedang menulis novel tetapi bukan bergenre komedi, it’s okay, kamu bisa menyelipkan candaan di salah satu isi naskah. Berarti, trik menulis komedi tak hanya berlaku untuk novel/tulisan komedi, tapi semua genre. Bahkan ketika kamu menulis cerpen, blog, esai, bahkan puisi, kamu membutuhkan sedikit sentuhan komedi agar tidak bosan untuk dibacanya dalam kata lain: penyegaran.

Setelah kamu menyelesaikan naskah novelmu tentunya kamu ingin menerbitkannya, bukan? Problemnya adalah bagaimana caranya untuk menerbitkan naskah novelmu itu sedangkan untuk naskahmu dilihat saja oleh penerbit itu susah. Prinsipnya, hidup itu penuh tantangan. Jadi apa salahnya kita mencoba. Banyak penulis yang harus mengalami pahitnya penolakan naskah. Penulis sekaliber J.K Rowling pun harus menelan mengalami penolakan naskah sebanyak 12 kali sebelum akhirnya sukses dengan karyanya yaitu Harry Potter. Intinya, jangan pernah menyerah.
Cara lainnya adalah dengan cara self publishing. Banyak penulis yang telah sukses dengan menempuh cara ini, Dewi Lestari misalnya. Tentunya mereka harus berjuang, walaupun naskahnya terhindar dari penolakan, jika tidak dipromsikan/diperkenalkan kepada masyarakat. Adapun cara menerbitkan buku melalui penerbit indie, seperti Rasibook yang tidak menolak naskah. Untuk info tentang Rasibook, cara menerbitkan di Rasibook, dan tata cara menerbitkan di Rasibook bisa dibuka websitenya di www.rasibook.com. Untuk pelayanannya sendiri, Rasibook mempunyai pelayanan yang oke punya dan tarif penerbitannya pun murah gokil. Karena saya juga salah satu penulis yang menerbitkan karyanya di Rasibook (http://www.rasibook.com/2014/01/putih-biru-rp-40000.html).
Satu lagi, sebelum mengirimkan karyamu ke penerbit indie maupun major, alangkah baiknya untuk menyunting naskah novel kamu, proses penyuntingan ini merupakan tahapan penting dalam menulis apapun. Karena di proses ini, menentukan tulisan kita bagus atau tidaknya dan agar pembaca membacanya menjadi semakin nyaman. The last one: penulis yang baik adalah pembaca yang baik juga.

Happy Comedy Writting!

40 komentar:

  1. tipnya bermanfaat bgt nieh artikelnya, cocok bgt bwt aku yg pen nulis buku sendiri. Nice share :)) @MardhiyanHazrie

    BalasHapus
  2. Tulisan yang menarik. Silahkan berkunjung dan tuliskan komentar juga di tulisan sy ya di http://suitincase.blogspot.com/2014/10/semua-dimulai-dari-satu-cerita.html. Terima kasih :).

    BalasHapus
  3. nice tips, lain kali bikin postnya yang lebih panjang,biar lebih maknyusss!

    BalasHapus
  4. Keren bang. Informatif banget.

    Salam kenal ya. Maen-maen lagi ke be-tandapetik.blogspot.com yak :)

    BalasHapus
  5. Wah hebat..sdh bisa nerbitin buku sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa aja mas... Hahahah...

      Makasih ya atas kunjungan dan komentarnya :)

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Hai sobat blogger, kamu dapat tag liebster award loh. silahkan baca dan penuhi syaratnya ya disini http://www.rezapratama.com/2014/10/liebster-award.html

    BalasHapus
  8. Dari dulu pengen bet buat nerbitin buku sendiri . . sempet nyoba genre sastra yang kek bang Andrea Hirata . . ehh gak punya bakat sastra . . terus udah bikin novel sampai 2 bab dengan genre comedy . . ehhh laptopnya ilang . . yaudah ngeblog aja deh . .
    Btw nais tips bang . .

    Follow my blog dong . . hehehee http://www.azkativity.com/
    And twitter @Azkativity

    BalasHapus
  9. Menulis novel saja aku belum bisa, apalagi menulis novel dengan genre komedi -_- belum kepikiran, masih kepikiran ngerjain skripsi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bisa kok, dari iseng nulis blog juga itu sama aja kayak latihan menulis novel, latihan bisa dimana saja.

      Hapus
  10. Ulasan menarik. Semoga kita bisa menerbitkan buku :)

    BalasHapus
  11. selain komedi, sekarang lagi booming novel horor, masak iya mukanya harus horor kalau mau nulis novel horor :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggak juga sih, tapi seengaknya jiwanya harus horor. Hahaha.

      Hapus
  12. waduh keren nih tipnya, gue sih udah belajar dari Raditya Dika sendiri lewat stand up comedynya, terus dari blognya Alit.. tapi ditulisan lu, menambah wawasan lagi.. bermanfaat nih bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bro. Jadi bermanfaat tulisan gue ini.
      Gue sih belajar dari Raditya Dika khususnya dari bukunya, tentang cara nyelipin komedinya gimana. Seminar2 Raditya Dika juga nambah wawasan gue tentang komedi.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. pengen sih nulis novel komedi, tapi takut diketawain yg bacanya

    kunbalnya gan
    http://mycocolatos.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. komedi itu buat diketawain kan, jadi gak usah takut diketawain (walaupun jokenya garing), hahaha

      siap meluncur

      Hapus
  15. Makasih Bang tips nya :)
    Semoga hari ini bisa mengawali menulis dengan bergenre Komedi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulislah (kalo sempet nulis), saya sih jadi jarang nulis-nulis lagi skrg mah. Paling nulis puisi (yang gak jelas tubuh2nya :D)

      Hapus
  16. salam kenal abang abang dan eneng eneng ,,

    BalasHapus
  17. Ngena banget tipsnya. Thanks. Berkunjunglah ke habibubu.com *eleh *promosi

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. jadi kalo nerbitin buku di penerbit indie, maka buku tersebut bakal dijual kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kesepakatan dengan penerbitnya, bisa dijual online dan di toko buku fisik tapi kalo toko buku fisik bakal menguras dana yang lebih besar daripada dijual di tobuk online. Intinya sih kita harus pinter-pinter promosiin buku kita. Semoga membantu ^_^

      Hapus
  20. wah jadi pengen cepat-cepat siapin naskah komedi ane nih gan. btw salam kenal gan, menyunting maksud tips agan gimana ya? Kalo misalnya naskah udah rapi dan sesuai format penulisan atau masih ada beberapa aspek lagi dalam penyuntingan naskah?

    BalasHapus
  21. Thankyou min. Tapi gua masih bingung takutnya pas gua mau ngelucu eh garing. Kan lebih galucu

    BalasHapus
  22. Thankyou min. Tapi gua masih bingung takutnya pas gua mau ngelucu eh garing. Kan lebih galucu

    BalasHapus
  23. Artikel yang menarik dan menginspirasi. Komedi memang selalu menarik orang. Sebagai Penulis Komedi , gue ngerasa karya gue bisa menghibur orang, terutama saat mereka melewati waktu yang berat. Oya, simak yuk bocoran Novel Komedi "Pendawa, Pendamping Idaman Wanita dan Buku Stand Up Comedy "Tertawalah Bersamaku"

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.